IGD (0511) 4789455

rsraza@banjarkab.go.id

Profil

Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura merupakan rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Banjar yang mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pelayanan kesehatan dalam rangka menyelenggarakan upaya kesehatan secara berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu serta upaya peningkatan pencegahan penyakit dan melaksanakan upaya rujukan.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor : 054 Tahun 2013 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan di Provinsi Kalimantan Selatan RSUD Ratu Zalecha Martapura ditetapkan sebagai pusat rujukan regional 2 (dua) yang meliputi kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Tanah Laut. Sehingga dengan keadaan tersebut dari tahun ke tahun RSUD Ratu Zalecha Martapura terus berbenah diri untuk meningkatkan citra rumah sakit sebagai wujud nyata dalam pelayanan kesehatan yang prima.

Berdasarkan catatan dokumen sejarah RSUD Ratu Zalecha Martapura dibangun sejak tahun 1963 namun menurut penelusuran melalui foto yang tersisa, cikal bakal rumah sakit ini sudah ada sejak tahun 1943. Pada masa kepemimpinan Bupati H. Rudy Ariffin muncul wacana untuk merelokasi RSUD Ratu Zalecha Martapura, adapun pembangunannya dimulai sekitar tahun 2003 sekaligus peletakkan batu pertama pembangunan gedung baru RSUD Ratu Zalecha Martapura di eks lokasi pabrik kertas di Jalan Menteri Empat Martapura, adapun proses pembangunannya memakan waktu hampir 5 tahun anggaran.

Penyelesaian dan penyempurnaan bangunan rumah sakit tersebut dilanjutkan oleh Bupati periode selanjutnya yaitu H. Pangeran Khairul Saleh. dengan melakukan pembangunan VIP Intan pada tahun 2009 yang kemudian diresmikan pengoperasiannya pada tahun 2011. RSUD Ratu Zalecha Martapura melakukan proses pemindahan lokasi dan pelayanan rumah sakit secara bertahap pada tahun 2008 yang semula berada di Jalan A. Yani Km 41 Martapura pindah ke lokasi yang baru Jalan Menteri Empat Martapura sampai sekarang.

Pada tanggal 21 Agustus 2013 RSUD Ratu Zalecha Martapura menjadi rumah sakit tipe B  sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.03/I/1470/2013.

 

Visi dan Misi

VISI :
RUMAH SAKIT KELAS B RUJUKAN REGIONAL PILIHAN DI KALIMANTAN SELATAN

MISI :
1. MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN YANG MUTU SESUAI STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT
2. MENINGKATKAN PEMERATAAN DAN KETERJANGKAUAN AKSES BAGI PENGGUNA PELAYANAN KHUSUSNYA MASYARAKAT UMUM
3. MENINGKATKAN KUALITAS KUANTITAS FASILITAS UNTUK RUMAH SAKIT RUJUKAN REGIONAL

 

Struktur Organisasi

struktur organisasi raza-3

Bagan Susunan Organisasi RSUD Ratu Zalecha Martapura (Perda Kab. Banjar No.10 tahun 2013).