Martapura, Kamis( 21/ 09/ 2023) RSUD Ratu Zalecha mendapat kunjungan resmi dari Menteri Sosial Republik Indonesia Dr Ir Hj Tri Rismaharini MT yang sering di sapa Ibu Risma, beliau datang dalam rangka melihat langsung bakti sosial operasi katarak yang dilaksanakan di RSUD Ratu Zalecha Martapura. Didampingi Anggota DPR RI Syaifullah Tamliha, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banjar, Ikhwansyah, serta Plt Direktur RSUD Ratu Zalecha dr. Eka Listyrini, M.Sc, Sp.KK.

Peserta bakti sosial ini berasal dari 5 kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan, yaitu Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin dan Tanah Laut dengan total jumlah peserta awal sebanyak 365 orang. Ibu Eka menyampaikan bahwa untuk Kabupaten Banjar sendiri setidaknya terdapat 80 orang, namun yang di operasi hanya 37 orang, penyebabnya antara lain seperti pasien tersebut darah tinggi/hipertensi dsb.
Baksos ini diselenggarakan di RSUD Ratu Zalecha selama 3 hari yaitu sejak tanggal 20 sampai tanggal 22 September oleh Kementrian Sosial yang didukung Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV.

Saat kunjungan ibu Risma berkesempatan menyapa, meninjau langsung serta menguatkan pasien. Beliau juga mengucapkan terimasih dan memberikan penghargaan kepada para dokter yang telah membantu kegiatan operasi katarak ini. Mensos mendorong, pasien untuk segera berobat hingga menjalani operasi karena jika terlambat malah semakin berat penanganan bahkan berakhir pada kebutaan terhadap indera penglihatannya, yang nati malah menjadi beban Kementerian Sosial. “Pesan saya, tidak usah takut karena operasi ringan kecuali anak-anak, mereka banyak bergerak karena bius lokal. Jika sudah selesai operasi, satu minggu sudah bisa beraktivitas kembali,” ungkap beliau. (memed-humasrsraza)