Tingkatkan kualitas pelayanan publik, RSUD Ratu Zalecha mengikuti Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2024,  dengan tema Review Standar Pelayanan, di Tree Park Hotel Kabupaten Banjar Jalan Ahmad Yani KM 6 Kecamatan, Kertak Hanyar, Rabu (7/8/2024).Forum Konsultasi Publik (FKP) tersebut melibatkan beberapa unsur seperti pengguna layanan/tokoh masyarakat, stakeholder terkait, akademisi/profesi terkait.


Acara dibuka oleh Bupati Banjar H. Saidi Mansyur yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Banjar Rahmat Dhany, menyebut konsultasi publik yang dilaksanakan hari ini adalah wujud dari komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Banjar. “Melalui forum ini, kita akan membahas berbagai aspek terkait penyusunan dan peninjauan ulang standar pelayanan” kata Dhany.Dia berharap, dialog yang terjadi nantinya dapat menghasilkan solusi yang konstruktif dan aplikatif demi kebaikan bersama.


“Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) ini juga sejalan dengan peraturan Menpan RB Nomor 16 Tahun 2017, tentang pedoman penyelenggaraan forum konsultasi publik di lingkungan unit penyelenggara pelayanan publik,” bebernya.


Kata dia, di dalam Permenpan tersebut dijelaskan bahwa FKP, merupakan kegiatan dialog diskusi dan pertukaran opini secara partisipatif antara, penyelenggara layanan publik, dengan masyarakat. 


Direktur RSUD Ratu Zalecha, Arief Rachman juga menambahkan, “Tema Review Standar Pelayanan dipilih untuk menekankan perlunya evaluasi dan penyesuaian standar pelayanan yang ada agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat”. Selama forum, peserta diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan saran mengenai berbagai aspek pelayanan, termasuk kecepatan layanan, kualitas interaksi antara pasien dan petugas medis, serta fasilitas yang tersedia di rumah sakit.


Beberapa poin penting yang dibahas dalam forum ini termasuk peningkatan aksesibilitas layanan, penguatan sistem antrian dan administrasi, serta pelatihan lanjutan bagi tenaga medis dalam hal pelayanan pasien. Selain itu, juga dibahas mengenai rencana kedepannya untuk mempermudah proses administrasi dan komunikasi antara pasien dan rumah sakit.


Acara ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang konkret dan implementatif untuk meningkatkan standar pelayanan RSUD Ratu Zalecha. Ke depannya, rumah sakit ini berkomitmen untuk terus beradaptasi dan berinovasi agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan lebih efisien bagi seluruh masyarakat. (wahyubrigadehumasraza)