Sebanyak 20 orang peserta dari penyelenggara makanan di RSUD Raza mengikuti pelatihan pelayanan gizi rumah sakit di ruang Aula lantai 2 RSUD Ratu Zalecha Martapura. Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 28 hingga 30 April 2015. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Direktur RSUD Ratu Zalecha Martapura drg. Yasna Khairina, MM. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi penuh terhadap pelaksanaan pelatihan ini dengan harapan dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Pada kesempatan yang sama, beliau juga berkesempatan menyampaikan sekilas mengenai kebijakan rumah sakit tentunya yang berkaitan dengan pelayanan gizi rumah sakit.

Kegiatan pelatihan ini diketuai oleh H. Akhmad Mahmud, SST yang juga menjabat sebagai wakil direktur Umum dan Keuangan RSUD Ratu Zalecha Martapura. Dalam laporannya mengatakan bahwa, sudah menjadi keharusan bagi sebuah RS yang sudah menjadi kelas B untuk selalu melakukan berbagai pendidikan dan pelatihan karena RS ini adalah RS menjadi wadah untuk melakukan berbagai pengembangan pendidikan baik dilingkungan kesehatan maupun untuk masyarakat umum. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas penyelenggara makanan dalam Pelayanan Gizi Rumah Sakit.

pelatihan-pelayanan-gizi-1

Kegiatan pelatihan ini diisi oleh pemateri dari Bapelkes provinsi, RSUD Ulin Banjarmasin, Dosen Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Kesling, Tim Instalasi Gizi RSUD Ratu Zalecha dan guru SMKN 4 Banjarmasin.

pelatihan-pelayanan-gizi-3

Yang paling penting dalam kegiatan ini adalah menguasai materi dan praktek yang mencakup dalam pelayanan gizi Rumah Sakit, bukan hanya dihafal tetapi harus mampu mempraktekkan kepada pasien.


Oleh : Sub Bagian Pengembangan SDM