MARTAPURA, InfoPublik – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, RSUD Ratu Zalecha telah memiliki inovasi yang dinamakan Sistem Pelayanan Hantaran Obat RSUD Ratu Zalecha (SAHABAT RAZA). Sistem ini dirancang untuk mengoptimalkan proses pelayanan medis, terutama dalam manajemen permintaan obat. Inisiatif ini bertujuan untuk menyederhanakan dan mempercepat akses pasien terhadap obat-obatan yang mereka butuhkan, mengurangi waktu tunggu, serta memastikan keakuratan pengiriman obat.

Sistem Pelayanan Hantaran Obat RSUD Ratu Zalecha (SAHABAT RAZA) menawarkan berbagai manfaat signifikan bagi pasien. Pertama-tama, sistem ini mempercepat proses pengajuan dan penerimaan obat, yang sangat membantu pasien dalam mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan efisien.


Pasien tidak perlu lagi mengantri lama di apotek, karena pasien setelah melakukan Permintaan pengantaran obat SAHABAT RAZA ke loket / Apotek rawat jalan sentral, mengisi formulir layanan dan mendapat nomor antrian resep SAHABAT RAZA Pasien bisa langsung pulang dan obat akan diantarkan di hari dan jam pelayanan SAHABAT RAZA.


SAHABAT RAZA ini diperuntukkan pada pasien rawat jalan BPJS Kesehatan dengan kriteria Pasien kronis, Pasien Khusus / Prioritas : Lansia, penyandang disabilitas, bayi baru lahir/anak dan Ibu hamil. Layanan ini pun tidak dipungut biaya alias gratis untuk wilayah Martapura Kota dan Kota Banjarbaru dan maksimal jarak 10 km dari rumah sakit.


Total pasien yang sudah terlayani sejak SAHABAT RAZA diluncurkan yaitu dari 12 Agustus 2023 – 5 Juli 2024 sebanyak 8.523 hantaran, cukup banyak penerima manfaat dari SAHABAT RAZA.


Arief Rachman Direktur RSUD Ratu Zalecha berharap SAHABAT RAZA dapat terus berkembang dan mampu mempercepat proses pelayanan, meningkatkan akurasi dalam pengelolaan obat, dan memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi pasien dan tenaga medis. 


“Dengan implementasi sistem ini, diharapkan dapat terjadi pengurangan waktu tunggu pasien untuk mendapatkan obat, sehingga kualitas pelayanan rumah sakit dapat meningkat,” ujar Arief, Kamis (11/7/2024).
Dijelaskannya, dengan SAHABAT RAZA dapat mengintegrasikan data medis pasien serta mengurangi kesalahan medis yang mungkin terjadi akibat administrasi manual. Secara keseluruhan, sistem ini menawarkan manfaat substantif dalam hal efisiensi, keamanan, dan kepuasan pasien.


“Sistem ini menjadi bukti nyata komitmen rumah sakit dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kualitas layanan kesehatan di rumah sakit ini,” tutup Areif. (memedbrigadehumasraza)