MARTAPURA, InfoPublik – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura kembali mempersembahkan inovasi terbaru dalam pelayanannya dengan meluncurkan Rawat Jalan Sore RSUD Ratu Zalecha (Raja Soraza) khusus untuk Instalasi Rehabilitasi Medik (Fisioterapi), yang menjadi bagian dari program unggulan.

Inovasi ini launching oleh Direktur RSUD Ratu Zalecha, Arief Rachman, Selasa (1/10/2024) dihadiri para pejabat, tim medis serta pegawai rumah sakit.

Fisioterapi merupakan salah satu layanan penting dalam pemulihan kondisi pasien yang memerlukan terapi fisik, baik karena cedera, gangguan fungsi motorik, maupun rehabilitasi pascaoperasi.

Arief Rachman mengatakan dengan adanya layanan sore hari, RSUD Ratu Zalecha kini memperluas jangkauan waktu pelayanan, memungkinkan pasien yang memiliki aktivitas di pagi dan siang hari untuk tetap mendapatkan perawatan fisioterapi tanpa harus mengambil waktu kerja.

Arief menekankan bahwa inovasi ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan aksesibilitas layanan medis di RSUD Ratu Zalecha.

“Dengan adanya layanan sore hari di Instalasi Rehabilitasi Medik, kami berharap dapat membantu lebih banyak masyarakat yang membutuhkan terapi namun terkendala waktu di pagi hari. Program ini bertujuan untuk memberi fleksibilitas bagi masyarakat yang membutuhkan pemulihan fisik yang optimal. Mudah-mudahan Poliklinik lainnya bisa menyusul,” harapnya.

Kepala Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Ratu Zalecha, dr. Mami Losa Rama Susilawati menyampaikan rasa bangganya terhadap program ini. Ia menjelaskan bahwa tim fisioterapis RSUD Ratu Zalecha telah dipersiapkan untuk memberikan layanan yang berkualitas di sore hari, dengan keterbatasan peralatan serta tenaga.

“Kami tetap siap melayani pasien di sore hari dengan layanan fisioterapi yang tetap optimal dan berkualitas, seperti pada jam reguler. Semoga program ini membantu banyak pasien untuk pulih lebih cepat dan lebih nyaman,” jelasnya.

Fisioterapi sore di bawah program Raja Soraza ini menawarkan berbagai layanan, termasuk terapi untuk pasien dengan gangguan muskuloskeletal, cedera olahraga, rehabilitasi stroke, serta layanan untuk anak-anak dengan keterlambatan perkembangan motorik.

Dengan diperpanjangnya waktu operasional dari Senin – Kamis pukul 13.00 sampai 16.00 WITA, dan Jum’at dari pukul 13.30 sampai 16.30 WITA, diharapkan tidak hanya mempercepat masa pemulihan pasien, tetapi juga mengurangi waktu tunggu dan antrian di pagi hari.

RSUD Ratu Zalecha berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan kesehatan yang lebih terjangkau dan fleksibel bagi masyarakat. Raja Soraza telah menjadi solusi nyata bagi mereka yang ingin tetap menjaga kesehatan tanpa harus terkendala waktu kerja atau kegiatan harian lainnya. Inovasi layanan sore ini menjadi bukti nyata dedikasi RSUD Ratu Zalecha untuk memberikan pelayanan prima bagi seluruh lapisan masyarakat. (Timbrigadehumasraza)