Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha Martapura merupakan rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Banjar. Berdasarkan catatan dokumen sejarah RSUD Ratu Zalecha Martapura dibangun sejak tahun 1963 namun menurut penelusuran melalui foto yang tersisa, cikal bakal rumah sakit ini sudah ada sejak tahun 1943. Pada tahun 2003 dilaksanakan peletakkan batu pertama pembangunan gedung baru RSUD Ratu Zalecha Martapura di eks lokasi pabrik kertas di Jalan Menteri Empat Martapura, adapun proses pembangunannya memakan waktu hampir 5 tahun anggaran.

RSUD Ratu Zalecha Martapura melakukan proses pemindahan lokasi dan pelayanan rumah sakit secara bertahap pada tahun 2008 yang semula berada di Jalan A. Yani Km 41 Martapura pindah ke lokasi yang baru Jalan Menteri Empat Martapura sampai sekarang

Pada tanggal 21 Agustus 2013 RSUD Ratu Zalecha Martapura menjadi rumah sakit tipe B  sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.03/I/1470/2013.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor : 054 Tahun 2013 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan di Provinsi Kalimantan Selatan RSUD Ratu Zalecha Martapura ditetapkan sebagai pusat rujukan regional 2 (dua) yang meliputi kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Tanah Laut.

VISI :

Menjadi RSUD Kelas B Pendidikan yang Profesional dan Bermutu

MISI :

  1. Memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar akreditasi rumah sakit,
  2. Melakukan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan lainnya,
  3. Mengembangkan inovasi pelayanan di bidang kesehatan rujukan,
  4. Menyelenggarakan tatakelola organisasi yang akuntabel, efektif, efisien, transparan, dan responsif.

MOTTO

“Pelayanan cepat, tepat, akurat dan aman adalah tugas kami, kenyamanan dan kepuasan pasien/pelanggan adalah dambaan kami”

Struktur Organisasi