Martapura, InfoPublik – Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan pasien dalam memperoleh layanan, khususnya pelayanan rawat jalan, RSUD Ratu Zalecha sejak 2019 telah memiliki layanan SiPO RAZA (Sistem Pendaftaran Online Ratu Zalecha) pasien dapat mendaftar ke polklinik bisa melalui whatsapp, telegram dan website.

Dengan adanya layanan ini pasien tidak perlu lama-lama antri di loket pendaftaran. Pemanfaatan penggunaan layanan SiPO RAZA saat ini adalah 23% dari jumlah kunjungan rawat jalan.

Kini bagi pasien BPJS mendaftar ke polklinik bisa melalui mobile JKN, karena telah terintegrasi dengan SiPO RAZA. Melalui mobile JKN pasien dapat mendaftar 3 hari sebelumnya sedangkan, melalui SiPO RAZA mendaftar 1 hari sebelumnya.

Mendaftar melalui mobile JKN caranya mudah, cukup klik menu pendaftaran pelayanan antrian kemudian pilih faskes rujukan tingkat lanjutan, lalu klik ambil nomor antrian dan isi tanggal rencana kunjungan kemudian jadwal dokter yang praktek akan muncul.

Apabila pendaftaran berhasil makan akan mendapatkan kode booking yang digunakan pada saat di rumah sakit. Di rumah sakit pasien cukup mendatangi anjungan pasien elektronik yang tersedia kemudian masukkan kode booking, cetak Surat Eligibilitas Pasien JKN dan cek in. Setelah itu pasien dapat langsung ke poliklinik tujuan menunggu untuk dilakukan pemeriksaan tanpa harus ke loket pendaftaran kembali.

Sedangkan jika menggunakan Sistem Pendaftaran Online Ratu Zalecha (SiPO RAZA), pasien cukup mengirimkan foto kartu berobat dan foto atau screenshot kartu peserta JKN ke nomor WhatsApp 0823-5135-1297, pendaftaran dimulai dari pukul 14.00 – 20.00 Wita.

Setelah pendaftaran berhasil, pasien akan mendapatkan kode booking dan barcode yang akan digunakan pada anjungan pasien elektronik yang tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha. Setelah itu pasien dapat langsung ke poliklinik tujuan menunggu untuk dilakukan pemeriksaan tanpa harus ke loket pendaftaran kembali. (IP Kab. Banjar/Brigade Raza)