Martapura, InfoPublik – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha (Raza) menggelar Peringatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2024 dengan tema “Kesehatan Ginjal untuk Semua Meningkatkan Pemerataan Akses Pelayanan dan Praktik Pengobatan Yang Optimal”.

Kegiatan yang dilaksanakan di lobi ruang perawatan Hemodialisa RSUD Raza, Kamis (7/3/2024) ini dirangkai dengan sosialisasi dan edukasi kesehatan ginjal kepada keluarga pasien dan masyarakat umum.
Kegiatan ini di buka oleh Wadir Umum dan Keuangan Wuri Lestari, dihadiri oleh seluruh staf dan perawat yang bertugas di ruang perawatan Hemodialisa serta beberapa pejabat terkait yang ada di RSUD RAZA.


Wuri Lestari menyampaikan dengan adanya edukasi dan sosialisasi terkait kesehatan ginjal pada hari ini, dapat memberikan pengetahuan kepada Masyarakat agar dapat menjaga kesehatan ginjal dan selalu melakukan gaya hidup sehat, sehingga masyarakat yang ada di Kabupaten Banjar bisa menjadi masyarakat yang sehat terbebas dari segala penyakit termasuk penyakit yang berkaitan dengan Ginjal.


“Beberapa masalah kesehatan yang sering muncul akibat penurunan fungsi ginjal adalah penyakit ginjal kronis, gagal ginjal serta sindrom nefrotik. Untuk menjaga kesehatan ginjal yang paling utama adalah pemenuhan kebutuhan air minum,“ jelas Wuri.


Menurut Wuri ginjal merupakan salah satu organ yang tidak pernah berhenti bekerja meski tubuh dalam keadaan tidur. Diperkirakan ada hampir 200 liter darah yang harus ‘disaring’ oleh ginjal setiap harinya. 
Pada peringatan ini juga laksanakan membagikan bingkisan kepada seluruh pasien yang sedang melakukan perawatan di ruang Hemodialisa RSUD Raza Martapura.

Wakil Direktur Bagian Umum dan Keuangan RSUD Ratu Zalecha Wuri Lestari, SKM MPH Membagikan bingkisan kepada pasien yang sedang menjalani perawatan di RSUD Ratu Zalecha Martapura. (7/3/2024)