Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar H. Saidi Mansyur melepas ratusan peserta jalan santai dalam rangka peringatan HUT ke-50 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha, Martapura, Minggu (3/3/2024) pagi.

Saidi Mansyur mengatakan, sesuai dengan tema “Tahun Emas PPNI, Peduli Untuk Bersinergi”, kegiatan jalan santai pada peringatan HUT tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kepedulian baik terhadap anggota PPNI maupun masyarakat.

“Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara PPNI dengan berbagai pihak termasuk pemerintah, institusi kesehatan, organisasi profesi serta masyarakat umum,” ungkap Saidi Mansyur..

Kegiatan ini, kata Saidi Mansyur, juga menjadi ajang silaturahmi untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik, khususnya perawat di RSUD Ratu Zalecha.

Sementara itu, Direktur RSUD Ratu Zalecha, Arief Rachman, menuturkan bahwa perayaan HUT ke-50 PPNI yang juga diramaikan dengan acara senam pagi itu diikuti oleh seluruh civitas rumah sakit yang dipimpinnya, termasuk para perawat.

Sehari sebelumnya, berbagai rangkaian kegiatan penyuluhan juga sudah dilakukan, salah satunya yakni sosialisasi kepada masyarakat awam terkait pertolongan dasar atau penanganan awal terhadap orang yang terkena serangan jantung. Selain itu, ada pula kegiatan pembagian suvenir kepada pasien yang digelar pada Sabtu kemarin (2/3/2024).

“Acara puncaknya berupa kegiatan senam pagi, jalan sehat, dan donor darah. Pesertanya dari seluruh civitas RSUD beserta keluarga, dan disediakan doorprize bagi yang beruntung,” tutur Arief.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Banjar yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas juga berkesempatan melakukan pemotongan nasi tumpeng. 

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur mengibarkan bendera tanda dimulainya kegiatan jalan santai pada acara HUT PPNI yang ke-50 Tahun. Foto: MC Kab. Banjar.