MARTAPURA, InfoPublik – Komitmen RSUD Ratu Zalecha Martapura dalam meningkatkan mutu layanan berbasis teknologi kembali mendapat dukungan nyata. Kali ini Bank Kalsel Cabang Martapura menyerahkan dua unit Anjungan Elektronik Pasien yang akan dimanfaatkan untuk mempercepat proses pendaftaran mandiri melalui aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Online (SIPO).

Prosesi serah terima berlangsung hangat di lobi VIP Intan RSUD Ratu Zalecha dan dihadiri oleh jajaran manajemen rumah sakit serta perwakilan dari Bank Kalsel. Kepala Cabang Bank Kalsel Martapura, Suwanto, secara langsung menyerahkan perangkat tersebut kepada Direktur RSUD Ratu Zalecha, Areif Rachman, Kamis (15/5/2025).

“Ini adalah bentuk kontribusi kami dalam mendukung kemajuan layanan kesehatan di Banua. Kami percaya, kemudahan akses layanan akan berdampak langsung pada kepuasan dan kenyamanan pasien,” ujar Suwanto.

Anjungan Elektronik Pasien ini dirancang untuk mempercepat proses check-in bagi pasien yang telah mendaftar secara online melalui aplikasi SIPO. Tanpa perlu antrean di loket, pasien cukup membaca kode QR atau memasukkan data pendaftaran untuk mendapatkan nomor antrean secara otomatis.

Direktur RSUD Ratu Zalecha Areif Rachman, menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan Bank Kalsel.

“Kami sangat terbantu dengan adanya perangkat ini. Ini bukan sekedar alat, tapi wujud nyata transformasi pelayanan publik yang cepat, efisien dan berorientasi pada pasien,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa RSUD Ratu Zalecha akan terus membuka diri terhadap inovasi demi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Dengan hadirnya Anjungan Elektronik Pasien, RSUD Ratu Zalecha mengambil satu langkah maju dalam mendukung digitalisasi layanan kesehatan. Sinergi antara perbankan dunia dan institusi pelayanan publik, ini menjadi contoh kolaborasi positif demi kemajuan daerah dan kenyamanan masyarakat. (Brigade Humas Raza)