Wujud Tekad Akreditasi Paripurna

Suasana dihalaman RSUD Ratu Zalecha begitu ramai. Sekitar 900 orang karyawan rumah sakit terlihat gembira datang bersama-bersama istri dan anak-anak ke tempat mereka selama ini bekerja.

Direktur RSUD Ratu Zalecha, drg Yasna Khairina juga tidak kalah gembiranya. Wanita yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banjar itu pun tersenyum mengangkat bendera dan melepas peserta jalan santai yang diikuti seluruh karyawannya.

“Semoga kita semua tambah akrab tambah kuat kekeluarganya. Jangan lupa walau berjalan kita tetap harus patuhi rambu dijalan,” ujar Yasna.

Kepala Dinas Kesehtan Banjar H Ikhwansyah juga hadir dalam gelaran jalan santai kali ini. Begitupula Wakil Direktur Pelayanan RSUD Ratu Zalecha dr Eko Sukbiyanto dan Wakil Direktur Umum Dan Keuangan H Ahmad Mahmud.

Minggu (31/1) pagi dalam rangka Family Day, manajemen RSUD Ratu Zalecha menggelar jalan santai. Mereka menyusuri Jalan Albasia menuju Jalan A Yani berbelok ke Pusat Perbelanjaan Sekumpul (PPS) serta kembali ke rumah sakit melalui Jalan Menteri Empat.

Karyawan dan keluarga mereka dari bapak-bapak, ibu-ibu hingga anak-anak ini berjalan penuh semngat mengikuti jalur yang disiapkan panitia. Suasana keakraban begitu terasa saat seluruh karyawan berkumpul kembali di halaman rumah sakit. Sembari menunggu pengundian hadiah mereka menikmati sajian kuliner jagung, kacang, pisang, bakso dan mie ayam. Kegembiraan semakin terasa ketika hadiah mulai dibagikan. Puluhan unit hadiah disiapkan panitia seperti televisi, kulkas, mesin cuci, kipas angin, dan sepeda gunung.

“Wah, hadiahnya banyak sekali. Mudah-mudahan dapat,” ujar Supian. Rupanya, Satpam rumah sakit itu benar-benar beruntung. Doanya terjawab, dia berhasil membawa satu unit mein cuci. Kegembiraan juga ditunjukkan karyawan lainnya, Maya dan Sarkawi. Keduannya, berhasil memboyong sepeda gunung.

Direktur RSUD Ratu Zalecha, drg Yasna Khairina mengaku gembira bisa hadir ditengah-tengah seluruh karyawan dan keluargannya. Dia menyampaikan terima kasih atas partisifasi seluruh karyawan yang telah hadir dalam kegiatan ini.

Event eperti ini, diharapkan menumbuhkan ikatan kekelurgaan keakraban diantara karyawan. “keakraban yang terbangun melalui kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan kerja sama, sehingga meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” katanya. Apalagi, tahun ini rumah sakit bertekad untuk mencapai akreditasi paripurna. Kerjasama tim, sangat embatu untuk mewujudkan tekad tersebut.

Tahun ini, tenaga dokter spesialis di rumah sakit telah lengkap. Sebelumnya, hanya punya 25 dokter spesialis sekarang sudh ada 30 dokter spesialis. “Pelayanan THT tidak lagi hanya Selasa Sabtu tetapi sudh bisa setiap hari. Dokter THT kita, tidak lagi sekedar kunjungan tetapi menetap disini,” katanya.

Ruangan Penyakit Dalam Terbaik

Kepala Ruangan Penyakit Dalam Hj Rahmah bersorak gembira. Perawat cantik ini pun, bergegas lari ke atas panggung.
Komitmen dia dan rekan-rekannya perawat diruang penyakit dalam untuk menjaga kebersihan dan pengelolaan ruangan berbuah penghargaan.

jalansantai-1

Ruangan penyakit dalam, menjadi peraih juara I untuk lonba kebersihan dan pengelolaan kategori rawat inap di lingkungan Rumah sakit Ratu Zalecha. Sebuah tropy dan uang pembinaan sebesar RP 6 Juta pun diserahkan Direktur RSUD Ratu Zalecha drg Yasna Khairina kepada Hj Rahmah.

Ruang Al Hakim yang dipimpin Mulyadi berhasil meraih juara II dan mendapatkan uang pembinaan sebesar RP 5 Juta. Sedangkan Juara III diraih ruang inap nifas dengan uang pembinaan sebesar RP 4 Juta.
Wakil Direktur Umum Dan Keuangan, Ahmad Mahmud mengatakan, penilaian kebersihan dan pengelolaan ruangan ini mereka lakukan bersama tim.

Secara keseluruhan, seluruh ruangan dirumah sakit ini sudah baik. Tetapi, diantara yang baik ini ada yang terbaik. “Mudah-mudahan melalui penilaian serta penghargaan yang diberikn ini dapat memotivasi karyawan semakin meningkatkan kebersihan dan pengelolaan ruangan, sehingga pasien makin merasa nyaman,” katanya. (wid)


Sumber Berita: Koran Metro banjar, Senin 01 Februari 2016